5 Cara Memulai Bisnis Pulsa dan Kuota Milik Anda Sendiri | Yagamicell Blog & Info


5 Cara Memulai Bisnis Pulsa dan Kuota Milik Anda Sendiri

hostinger.co.id

 

Menjalankan usaha bukanlah hal yang sulit dilakukan jika Anda mengerti bagaimana cara memulainya. Namun jika Anda merasa sebuah bisnis harus langsung berhasil saat baru saja dirintis, hal ini akan menjadi beban tersendiri untuk Anda. Untuk itu, Anda bisa mulai dengan mencari ide usaha yang sederhana namun menghasilkan dan menjanjikan ketika dijalani dengan tekun dan konsisten. Salah satunya adalah bisnis pulsa dan kuota.

Mengapa harus bisnis pulsa dan kuota?

Di era digital seperti saat ini, hampir setiap orang menggunakan smartphone sebagai piranti komunikasi utamanya, mulai dari anak-anak hingga orang tua usia lanjut. Penggunaan smartphone pun tidak terbatas hanya 1 perangkat saja untuk setiap orang. Selain itu, pemakaian perangkat digital lain juga banyak yang menggunakan koneksi internet untuk mengakses browser, baik untuk kebutuhan pekerjaan maupun hiburan.

Melihat peluang ini, bisnis pulsa dan kuota terasa sangat menjanjikan apabila Anda menjalankannya dengan sungguh-sungguh. Lalu, apa saja yang perlu dipersiapkan apabila Anda ingin memulai bisnis pulsa dan kuota milik Anda sendiri?

1.      Analisis Harga Pasar di Awal Penentuan Modal

Modal adalah hal krusial yang perlu dipertimbangakan di masa-masa awal Anda memulai bisnis. Penentuan modal ini yang nantinya akan mendasari seberapa besar harga yang akan Anda patok untuk produk pulsa dan kuota yang Anda jual. Sebagai pebisnis, Anda tentu menginginkan penghasilan dan keuntungan yang tidak kecil. Maka dari itu, Anda perlu melakukan analisis harga pasar di awal penentual modal.

Bagaimana cara melakukannya? Anda bisa awali dengan mencoba melihat langsung berbagai konter pulsa di sekitar Anda maupun mencari di internet. Setelah itu, Anda dapat memutuskan seberapa besar margin yang ingin Anda hasilkan pada setiap transaksi. Jika Anda ingin pasang harga di bawah pasaran, ada baiknya untuk menyiapkan modal yang cukup di awal. Akan tetapi, bila Anda ingin mengakali dengan modal minim, Anda bisa mematok harga yang tidak begitu jauh dari harga pasaran.

2.      Survey Potensi Dealer Pulsa yang Dipilih

Dalam sebuah bisnis pulsa dan kuota, biasanya Anda akan menjadi “distributor” dari dealer pulsa kepada para pembeli/pelanggan. Nantinya produk pulsa yang dijual pun adalah produk dari dealer yang menjadi induk Anda. Sehingga sangat penting bagi Anda untuk melakukan survey terlebih dulu dan melihat dealer pulsa mana yang potensial untuk bisnis pulsa dan kuota Anda.

Survey tersebut pada dasarnya dilakukan untuk mengecek reputasi dari dealer yang secara langsung akan menjadi partner bisnis Anda. Tentunya Anda tidak ingin apabila ada komplain karena dealer pulsa Anda yang bermasalah, kan? Maka dari itu, lakukan survery dealer pulsa terlebih dulu untuk menghindari permasalahan yang beresiko membuat Anda kehilangan komsumen.

3.      Mulailah Secara Online

Merasa masih belum cukup modal untuk membangun kios pulsa Anda sendiri? Dengan kemudahan akses digital, Anda bisa memulai bisnis pulsa dan kuota secara online. Melalui kemajuan teknologi seperti sekarang ini, Anda bisa memanfaatkan media sosial maupun website dengan harga domain murah dan menjalankan bisnis dari mana saja dan kapan saja, bahkan dari rumah sekalipun.

Selain pengelolaan yang fleksibel dan mampu menghemat modal Anda, bisnis yang dijalankan secara online juga tidak membatasi diri Anda untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan. Anda bisa melakukan pelayanan untuk para pembeli yang berada di luar kota hingga luar negeri. Sehingga melalui cara online ini, Anda bisa menjangkau audiens yang lebih luas dengan biaya promosi yang tidak begitu banyak pula.

4.      Lakukan Pencatatan Transaksi Setiap Hari

Dalam proses menjalankan bisnis pulsa dan kuota, ada baiknya untuk Anda melakukan pencatatan transaksi setiap harinya. Tidak hanya modal, jumlah transaksi pun akan menentukan jumlah keuntungan yang Anda peroleh. Katakanlah Anda memutuskan untuk mendapatkan margin sejumlah Rp 1.000,- di setiap transaksi, lalu transaksi yang berhasil Anda lakukan berjumlah 50 transaksi, maka rata-rata penghasilan yang Anda dapatkan per bulannya bisa mencapai sekitar Rp 1.500.000.

Sebaik langkah awal, sebaiknya Anda menanamkan mindset berupa nominal kecil dengan transaksi yang banyak daripada nominal besar dengan transaksi sedikit. Agar bisnis Anda menghasilkan lebih banyak transaksi, Anda perlu menarik lebih banyak pelanggan. Manfaatkanlah media sosial dan website Anda sebagai media promosi Anda. Tarif promo bisa diberlakukan untuk mereka yang berminat menjadi pelanggan baru Anda.

5.      Berikan Pelayanan Terbaik

Dari segi harga, bisa jadi Anda mematok harga yang sama dengan mereka yang memiliki bisnis serupa. Produk yang Anda tawarkan pun juga tidak jauh berbeda. Lalu, apa yang membuat bisnis Anda berbeda dengan bisnis yang lainnya? Jawabannya adalah pelayanan. Aspek yang tidak boleh dilewatkan dan harus dimaksimalkan sebaik mungkin oleh siapa saja yang memiliki bisnis.

Mengapa pelayanan dianggap begitu penting? Dalam interaksi jual beli, hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah komunikasi. Jika Anda bisa berkomunikasi dengan baik, menyambut pembeli dengan nada ramah, tidak keberatan jika ditanya berbagai macam hal oleh mereka, feedback-nya pasti juga akan positif untuk usaha Anda. Namun jangan lupa untuk kenali siapa customer Anda. Terlebih lagi apabila ada di antaranya yang ingin berhutang. Jadi sebagai pebisnis pun Anda harus tetap berhati-hati, ya!

Dari kelima cara tersebut, apakah Anda sudah siap memulai bisnis pulsa dan kuota milik Anda sendiri?
apalagi jika anda yang ingin atau sudah mempunya website dengan basis seputar kuota dan pulsa lewat online
maka wajib untuk melihat hosting dan domain yg aman dan terjangkau pastinya..
disini solusi nya penyedia hosting terjangkau dan aman ada di hostinger.co.id

hostinger.co.id

4 Komentar ( 4.7/5 )


JUal Beli Pulsa Internet Online Murah
02/04/2019 18:31 anonim

bener banget gan paling parah itu kalau ngutang. untung ga seberapa .. bayar nya lama

22/06/2019 10:06 reybong

makasih min tips nya

05/04/2020 05:55 beni25

Pengen bisa buka online kira2 caranya gimana ya

22/01/2023 15:30 Greta

Everything is very open with a really clear description of the challenges.
It was really informative. Your website is very helpful.
Many thanks for sharing!

Payments