Mengenal Perintah Linux dan Alasan Harus Mempelajarinya | Yagamicell Blog & Info

Mengenal Perintah Linux dan Alasan Harus Mempelajarinya

Kemajuan teknologi yang semakin canggih tidak hanya berpengaruh pada kehidupan sehari-hari, tapi juga pada pengembangan website. Selain pemilihan hosting yang tepat, Anda juga harus memahami tentang perintah dasar linux. Saat mempelajarinya, Anda akan mengenal istilah Text Base, Command Line, terminal atau Shell. 

Dalam mempelajari perintah dasar yang sering digunakan di linux, Anda harus mempersiapkan keyboard dan semua perintah harus diketik, seperti meng-copy file, menginstall aplikasi, menghapus file bahkan membuat folder baru menggunakan perintah yang harus diketik. Banyak hal lagi yang bisa dilakukan ketika Anda sudah bisa menggunakan perintah di linux. 

Alasan Harus Belajar Perintah Dasar Linux

Sebelum menguasai linux, penting bagi Anda untuk menguasai command line atau perintah dasar linux. Dengan perintah linux memungkinkan Anda mengakses lebih banyak fitur dan power full. Hal ini dikarenakan, interface linux dulunya memang memanggunakan command line atau perintah linux. 

Meskipun sudah ada GUI atau grafis pada linux, memahami perintah linux masih sangat diperlukan apabila Anda ingin menguasai linux. Alasan lainnya karena aplikasi GUI memiliki fungsi yang terbatas dan ditujukan hanya pada kalangan awam, sementara teknisi atau user administrator membutuhkan kontrol penuh terhadap mesin linux. Padahal, kontrol penuh bisa didapatkan dengan perintah linux, baik melalui terminal emulator atau shell. 

Pengertian Perintah Linux

Perintah Linux merupakan sebuah aplikasi yang tidak memiliki tampilan grafis dan hanya memiliki tampilan berbasis text. Sebenarnya, perintah linux adalah jenis aplikasi console dimana Anda bisa menjalankannya dengan mudah jika melalui terminal, shell, console atau command line interface (CLI). Sebagian besar orang lebih mengenalnya dengan linux command atau perintah linux. 

Terminal Emulator

Terminal emulator berperan dalam menyediakan interface berbasis text (CLI) agar bisa mengakses shell. Terminal emulator dibuat untuk memudahkan Anda dalam mengakses shell linux atau Shell CLI dari GUI. Selain itu, terminal emulator juga memungkinkan Anda mengakses shell console dari shell GUI dengan lebih mudah. 

Linux Shell

Sebagai interface, shell biasanya digunakan user untuk berinteraksi dengan sistem operasi. Biasanya, shell berupa Graphical User Interface (GUI) atau pun Command-Line Interface (CLI). Keduanya tentu memiliki spesifikasi yang berbeda sehingga Anda perlu mempelajarinya terlebih dahulu baru kemudian menggunakannya. 

Umumnya, orang-orang menggunakan GUI Shell pada windows untuk keseharian. Karena penggunaan yang mudah membuat semua orang pun bisa menggunakan linux shell. Shell yang digunakan pada linux bukanlah GUI, tapi versi command line interface (CLI). Meski linux sudah memiliki grafik atau dekstop, tapi versi dekstop GUI bukanlah shell yang dimaksud. Anda harus mengakses linux melalui CLI jika ingin menggunakan potensi linux 100%. 

Jika Anda menggunakan perintah linux, maka Anda akan mengakses shell CLI. Setelah itu, Anda harus mengetik perintah atau teks sebagai cara berinteraksi dengan linux melalui shell. Mengetik perintah menjadi satu-satunya cara yang bisa Anda lakukan, jadi Anda harus mengikuti langkah yang seharusnya. 

Perintah Linux Case Sensitive

Sebelum mengetik perintah linux, Anda harus memastikan bahwa huruf yang digunakan adalah huruf kecil. Hal ini sudah menjadi aturan dimana seluruh perintah dasar linux ditulis dengan huruf kecil karena linux case sensitif dimana huruf kecil dan besar itu berbeda. 

Bahkan, anggapan berbeda ini tidak hanya terjadi pada pengetikan perintah saja, melainkan dalam penamaan file juga akan berlaku. Jadi, Anda harus lebih berhati-hati dalam membuat nama file karena huruf besar kecil akan dianggap berbeda. 

Fitur Auto Complete pada Terminal Linux

Sebenarnya, Anda tidak perlu menulis perintah linux secara lengkap karena Anda bisa memanfaatkan fitur auto complete agar penulisan perintah linux bisa lebih cepat. Cukup ketik beberapa huruf dari perintah linux yang akan dimasukkan, kemudian tekan tombol TAB dua kali. Dengan begitu, linux akan memberikan pilihan atau sugesti perintah linux yang nantinya digunakan. 

Misalnya saja, Anda mengetik jkt kemudian Anda menekan tombol TAB dua kali, maka linux akan memberi daftar pilihan perintah linux yang diawali huruf jkt. Kegunaan lain dari fitur ini adalah mengingat perintah yang Anda sendiri ragu akan kepastiannya. Caranya dengan mengetik karakter pertama dari perintah yang Anda ragukan.  

Meski memiliki fungsi yang cukup unggu, fitur ini juga tidaklah sempurna. Terkadang, fitur ini juga tidak bekerja sebagaimana mestinya. Oleh karena itu, Anda harus mengaktifkan auto complete pada terminal linux dengan tepat agar bisa segera menggunakannya. 

Itulah tadi informasi mengenai perintah linux, mulai dari pengertian, alasan belajar dan masih banyak lagi hal-hal mengenai perintah linux yang harus kita pelajari dengan baik. Semua ini bisa dilakukan dengan baik jika website Anda memiliki web hosting yang murah tepat maka pengembangan website bisa dilakukan dengan cepat.


hosting murah

0 Komentar


JUal Beli Pulsa Internet Online Murah
Belum ada komentar
Payments