Penjelasan OTP dan apa itu OTP (One Time Password) | Yagamicell Blog & Info

Penjelasan OTP dan apa itu OTP (One Time Password)

Mungkin ada sebagian yang belum tau apa itu OTP dan kegunaan OTP itu bagaimana ?
baik mari kita bahas seputar OTP atau kepanjangan dari (One Time Password).
di era jaman yang serba modern sekarang, tekhnologi semakin canggih ditambah dengan maraknya penggunaan gawai pintar alias smartphone, pengganti komputer kita di jaman dulu, jika dijaman dulu setiap kita ingin akses internet buka facebook dll, pasti harus pakai komputer atau pergi ke warnet karena dulu belum ada smartphone yang canggih seperti jaman sekarang, smartphone yang benar benar bisa di pakai internet dengan lancar seperti kita memakai komputer mungkin sekitar tahun 2013 an, dan itupun belum secanggih sekarang. semakin canggih maka orang orang pun semakin pintar mulai dari pembuatan aplikasi bahkan sampai cara merusak atau membajak aplikasi tersebut.
semakin maraknya aplikasi terbaru sampai dengan adanya aplikasi financial yang berhubungan dengan keuangan maka para pembajak pun semakin berusaha bagaimana cara membajak data si pengguna aplikasi
salah satu dengan cara mengetahui user / email pengguna dan kata sandi pengguna. mungkin dengan sistem seperti ini sangat riskan bagi pengguna aplikasi manapun. kita mau bikin kata sandi yang rumit takut lupa ingin menggunakan kata sandi yang simple takut kena bajak, maka dari sini fitur OTP sangat penting.

apa_itu_otp

Bagaimana cara kerja OTP ,dan mengapa bisa sangat penting ?
Contoh kasus, misalkan user dan kata sandi kita sudah di ketahui atau di dapatkan oleh si pembajak, dan si pembajak ingin masuk ke akun kita, maka jika pengguna mengaktifkan OTP , si pembajak akan mendapatkan sebuah halaman untuk mengisi kode OTP tersebut. ( tidak akan langsung masuk ke akun inti )


Bagaimana jika misal kode OTP salah diisi ?
jika salah diisi maka otoamtis tidak akan masuk ke akun inti dan hanya akan masuk sampai halaman input OTP saja.
Contoh kasus biasanya disini si pembajak akan melakukan teknik penipuan dengan berpura pura sebagai orang perusahaan dan yang lain nya. dengan tujuan untuk meminta kode OTP kepada pengguna.
Disini wajib diingatkan jangan pernah menyebar, memberitahu kepada siapapun orang yang berpura pura dan bertanya mengenai kode OTP, contoh misal salah satu nya seperti ini "hallo kami dari pihak telkomsel memberitahu kalau bapak menang undian dan untuk itu sudah kami kirim pin berupa kode ke nomor bapak bisa sebutkan kode nya berapa", karena dijamin itu pasti penipu yang ingin masuk ke akun anda. pokonya jangan pernah kasih kode OTP kepada siapapun. kdoe OTP bersifat rahasia dan kode OTP ada masa expired nya. jadi jika dimana anda logout dari akun lalu masuk kembali maka kode otp akan dikirim berbeda dari kode OTP sebelumnya.
mungkin cukup penjelasan bagaiaman penting nya OTP wajib dipasang di setiap aplikasi akun kita baik email, facebook, instagram dll apalagi yang menyangkut keuangan maka wajib sekali OTP aktif

NOTE : BAGI AKUN YANG MASIH TERBLOKIR SILAHKAN KONTAK CS WHATSAPP atau TELEGRAM KAMI.

1 Komentar ( 5/5 )


JUal Beli Pulsa Internet Online Murah
10/09/2022 15:41 hendra

terima kasih info nya min.

Payments